Selasa, 02 Juni 2020

Materi Atletik (Sprint)


MATERI ATLETIK 
LARI SPRINT KELAS 7

Oleh : Tri Palupi, S.Pd MTs Negeri 8 Kebumen




A. Aktivitas Pembelajaran Atletik 
     Melalui Lari Jarak Pendek

Lari adalah gerakan melangkah dengan kecepatan tinggi.

Nomor-nomor dalam lari terdiri atas :

1. Lari jarak pendek:
a. putra: 100 m, 200 m, dan 400 m
b. putri: 100 m, 200 m, dan 400 m
2. Lari jarak menengah:
a. putra: 800 m, 1.500 m, 3.000 m (special chosse)
b. putri: 800 m, 1.500m, 3.000 m
3. Lari jarak jauh putra: 5.000 m, 10.000 m
4. Jalan cepat:
a. putra: 10 km, 20 km
b. putri: 5 km, 10 km
5. Lari estafet:
a. putra: 4 × 100 m, 4 × 400 m
b. putri: 4 × 100 m, 4 × 400 m
6. Lari gawang:
a. putra: 110 m, 400 m
b. putri: 100 m, 400 m
7. Lari maraton putra/putri: 42,195 km




a. Aktivitas Pembelajaran Atletik 
lari jarak pendek

Perlombaan lari jarak pendek dalam dunia atletik internasional disebut sebagai lari
sprint atau lari cepat. Seorang pelari jarak pendek biasanya dipanggil dengan sebutan sprinter. Nomor lari jarak pendek yang diperlombakan pada event internasional, jika diadakan dilapangan terbuka (outdoor), meliputi nomor lari 100 m, 200 m, dan 400 m. Lari jarak pendek yang dilombakan dilapangan tertutup (indoor) meliputi, lari 50 m, 60 m, 200m, 400 m.
Lari cepat yaitu lari yang diperlombakan dengan cara berlari secepat-cepatnya (sprint)
yang dilaksanakan di dalam lintasan lari menempuh jarak 100 m, 200 m dan 400 m. Lari
cepat dapat dilakukan baik oleh pelari putera maupun puteri. Di dalam lomba lari cepat
setiap pelari tidak diperbolehkan keluar lintasannya masing-masing.
Kunci pertama yang harus dikuasai oleh pelari jarak pendek/sprint adalah start atau
pertolakan. Karena keterlambatan atau ketidak telitian pada waktu melakukan start sangat
merugikan pelari jarak pendek (sprinter). Oleh sebab itu, cara melakukan start yang baik
harus benar-benar diperhatikan dan dipelajari serta dilatih secermat mungkin.

1. Aktivitas pembelajaran gerak spesifik start lari jarak pendek

Siswa diminta untuk mengamati dan meragakan gerakan start lari jarak pendek berikut ini.

a. Aktivitas pembelajaran gerak dasar start panjang (Long start)

Cara melakukan start panjang adalah berikut ini.
1) Sikap jongkok dan rileks.
2) Lutut kaki kanan menempel di tanah.
3) Kaki kiri berada di depan dengan posisi jinjit.
4) Kedua tangan menempel di atas garis start dengan membentuk huruf “v”.
5) Pandangan rileks ke depan, konsentrasi pada aba-aba start berikutnya.

b. Aktivitas pembelajaran dasar spesifik start menengah (Medium start)


Cara melakukannya adalah berikut ini.
1) Sikap jongkok rileks.
2) Lutut kaki kanan menempel di tanah.
3) Kaki kiri berada di samping lutut kaki kanan dengan jarak } satu kepal.
4) Kedua tangan menempel di atas garis start dengan membentuk huruf “v”.
5) Pandangan rileks ke depan, konsentrasi pada aba-aba start berikutnya.






c. Aktivitas pembelajaran gerak dasar start pendek (Short start)

Cara melakukannya berikut ini.
1) Sikap jongkok rileks.
2) Lutut kaki kanan menempel di tanah.
3) Kaki kiri terletak di antara kaki kanan dan lutut kaki kanan.
4) Kedua tangan menempel di atas garis start dengan membentuk huruf “v”.
5) Pandangan rileks ke depan, dan konsentrasi pada aba-aba start berikutnya.


B. Aktivitas pembelajaran gerak dasar start jongkok dengan aba-aba start


Dalam melakukan start jongkok, ada tiga tahapan yang disesuaikan dengan aba-aba.

a. Aktivitas Pembelajaran Aba-aba “Bersedia”
Siswa diminta untuk mengamati dan meragakan gerakan start lari jarak pendek
aba-aba “Bersedia”, berikut ini.
(1) Salah satu lutut diletakkan di tanah dengan jarak } satu jengkal dari garis start. Kaki
      satunya diletakkan tepat di samping lutut yang menempel tanah } satu kepal.
(2) Badan membungkuk ke depan, kedua tangan terletak di tanah di belakang garis start,
      keempat jari rapat, ibu jari terbuka (membentuk huruf V).
(3) Kepala ditundukkan, leher rileks, pandangan ke bawah dan konsentrasi pada aba-aba
      berikutnya.






b. Aktivitas pembelajaran aba-aba “siap”

Siswa diminta untuk mengamati dan meragakangerakan start lari jarak pendek
aba-aba “Siap”, berikut ini.
 (1) Lutut yang menempel di tanah diangkat, panggul diangkat setinggi bahu dan berat
       badan dibawa ke muka kaki belakang membentuk sudut 120 derajat, sedangkan kaki
       depan membentuk sudut 90 derajat.
(2) Kepala tetap tunduk, leher rileks, pandangan ke bawah dan konsentrasi pada aba-aba     
      berikutnya.




c. Aktivitas pembelajaran aba-aba “ya”

Siswa diminta untuk mengamati dan meragakan gerakan start lari jarak pendek
aba-aba “Ya”, berikut ini.

(1) Menolak ke depan dengan kekuatan penuh atau gerakan meluncur, tetapi jangan      
       melompat.
(2) Badan tetap condong ke depan disertai dengan gerakan lengan yang diayunkan.
(3) Dilanjutkan dengan gerakan langkah kaki pendek-pendek, tetapi cepat agar badan
      tidak jatuh ke depan (tersungkur).




3. Aktivitas Pembelajaran Gerak Dasar Lari Jarak Pendek (Sprint)

Siswa diminta untuk mengamati dan meragakangerakan lari jarak pendek berikut ini.

a. Prinsip lari cepat, yaitu lari pada ujung kaki, tumpuan kuat agar mendapat dorongan 
yang kuat
b. Sikap badan condong ke depan } 60o, sehingga titik berat badan selalu di depan.
c. Ayunan lengan kuat dan cepat, siku dilipat, kedua tangan menggenggam lemas agar
    gerakan langkah kaki juga cepat dan kuat.
d. Setelah } 20 m dari garis start, langkah diperlebar dan sikap badan dicondongkan ke
    depan tetap dipertahankan serta ayunan lengan dan gerakan langkah juga dipertahankan
    kecepatan serta kekuatan bahkan harus ditingkatkan.







   
4. Aktivitas pembelajaran gerak dasar memasuki garis finish lari jarak pendek

Siswa diminta untuk mengamati dan meragakan gerakan memasuki garis finish lari
jarak pendek berikut ini.


a. Berlari secepat mungkin, jika perlu ditingkatkan kecepatannya seakan-akan garis finish
    masih 10 m di belakang garis sesungguhnya.
b. Setelah sampai } satu meter di depan garis finish, rebahkan badan ke depan tanpa
    mengurangi kecepatannya.
c. Sampai di garis finish, busungkan dada, tangan ditarik ke belakang atau putar salah
    satu bahu ke depan.






Gambar 4.12 Teknik gerakan finish lari jarak pendek


   Perhatikan Video Berikut ini 




C. Penilaian


Untuk mengerjakan ulangan harian, silahkan KLIK disini






0 komentar:

Posting Komentar