MATERI ATLETIK LOMPAT JAUH
Oleh : Tri Palupi, S.Pd MTs Negeri 8 Kebumen
A. Aktivitas Pembelajaran Atletik melalui Lompat Jauh
Lompat jauh merupakan salah satu nomor yang
terdapat pada nomor lompat cabang
olahraga atletik. Lompat adalah istilah yang
digunakan dalam cabang olahraga atletik, yaitu
melakukan tolakan dengan satu kaki. Baik untuk
nomor lompat jauh, lompat tinggi, lompat
jangkit, maupun lompat tinggi galah.
Lompat jauh adalah suatu bentuk gerakan
melompat mengangkat kaki ke atas-depan
dalam upaya membawa titik berat badan selama
mungkin di udara (melayang di udara)
yang dilakukan dengan cepat dan dengan jalan
melakukan tolakan pada satu kaki untuk
mencapai jarak sejauh-jauhnya
B. Lintasan
Gambar 1. Bak lompat dan Lintasan Lompat Jauh
Sumber : http://walpaperhd99.blogspot.com/2017/04/lapangan-lompat-jauh-disertai-gambar.html
Gambar 2. Bak lompat dan Lintasan Lompat Jauh
Sumber : Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan : buku guru / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan -- . Edisi Revisi Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
A. Pembelajaran
1. Aktivitas pembelajaran gerak dasar lompat jauh
Suatu hasil yang optimal dalam lompat jauh,
selain pelompat tersebut harus memiliki
kekuatan, daya ledak, kecepatan, ketepatan,
kelentukan, dan koordinasi gerakan, juga harus
memahami dan menguasai teknik untuk melakukan
gerakan lompat jauh. Di samping pula,
gerakan lompat jauh harus dilakukan dengan
cepat, tepat, luwes, dan lancar.
Tahapan-tahapan dalam melakukan lompat jauh
ada empat tahap, yaitu: (1) awalan/
ancang-ancang, (2) tolakan/tumpuan, (3) sikap
badan di udara, dan (4) sikap mendarat.
Tahapan-tahapan gerak spesifik lompat jauh
tersebut akan diuraikan satu-persatu berikut ini.
a. Aktivitas pembelajaran gerak dasar awalan atau
ancang-ancang (approach-run)
Awalan atau ancang-ancang adalah gerakan
permulaan dalam bentuk lari untuk
mendapatkan kecepatan pada waktu akan
melakukan tolakan (lompatan). Kecepatan yang
diperoleh dari hasil awalan itu disebut
dengan kecepatan horizontal berguna untuk membantu kekuatan pada waktu
melakukan tolakan ke atas-depan.
Guna awalan adalah untuk mendapatkan
kecepatan yang setinggi-tingginya sebelum
mencapai balok tolakan. Panjang awalan untuk
melaksanakan awalan lompat jauh tidak
kurang dari 45 meter. Untuk memperoleh hasil
lompatan yang maksimal, setiap melakukan
awalan harus selalu dapat bertumpu pada
balok.
Siswa diminta untuk mengamati dan meragakan
gerakan awalan lompat jauh berikut ini.
(1) Tergantung tingkat prestasi, lari
ancang-ancang beragam antara 10 sampai 20 langkah.
(2) Tambah kecepatan lari ancang-ancang
sedikit demi sedikit sebelum bertolak/ bertumpu.
kecepatan ancang-ancang dipertahankan tetap
maksimal sampai mencapai papan bertolak.
(3) Pinggang turun sedikit pada satu langkah
akhir ancang-ancang.
(4) Jarak awalan 30 – 45 meter.
b. Aktivitas pembelajaran gerak dasar Tolakan
Tolakan adalah perubahan atau perpindahan
gerakan dari gerakan horizontal ke gerakan
vertikal yang dilakukan secara cepat. Dimana
sebelumnya pelompat sudah mempersiapkan
diri untuk melakukan gerakan sekuat-kuatnya
pada langkah yang terakhir, sehingga seluruh
tubuh terangkat ke atas melayang di udara.
Pada waktu akan melakukan tolakan, badan agak
dikendangkan ke belakang, kaki tumpu/
kaki yang akan digunakan untuk menolak lurus,
sedangkan kaki ayun (kaki belakang) agak
dibengkokkan. Berat badan berada pada kaki
belakang, kedua tangan atau lengan ke belakang,
dan kepala agak ditengadahkan (dagu agak
diangkat), pandangan ke depan.
Siswa diminta untuk mengamati dan meragakan
gerakan tolakan lompat jauh berikut ini.
(1) Ayunkan paha kaki-bebas cepat ke posisi
horizontal dan dipertahankan.
(2) Luruskan sendi mata kaki, lutut dan
pinggang pada waktu melakukan tolakan.
(3) Bertolaklah ke depan dan ke atas (sudut
tolakan 45°).
Sumber : Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan : buku guru / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan -- . Edisi Revisi Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
c. Aktivitas pembelajaran gerak spesifik melayang di
udara
Sikap badan melayang di udara yaitu sikap
setelah kaki tolak menolakkan kaki pada
balok tumpuan, badan akan dapat terangkat
melayang di udara, bersamaan dengan ayunan
kedua lengan ke depan atas. Tinggi dan
jatuhnya hasil lompatan sangat tergantung dari
besarnya kekuatan kaki tolak, dan pelompat
harus meluruskan kaki tumpu selurus-lurusnya
dan secepat-cepatnya.
Siswa diminta untuk mengamati dan meragakan
gerakan melayang di udara lompat
jauh berikut ini.
Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 193
(1) Saat kaki tolak, menolakkan kaki pada
pangkal titik berat badan ke atas, diikuti dengan
kaki tolak menyusul kaki ayun.
(2) Saat melayang kedua kaki sedikit ditekuk,
sehingga posisi badan berada dalam sikap
jongkok.
(3) Kemudian saat akan mendarat kedua kaki
diacungkan ke depan, yaitu bersamaan dengan
kedua lengan diluruskan ke depan.
Sumber : Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan : buku guru / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan -- . Edisi Revisi Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
d. Aktivitas pembelajaran gerak dasar mendarat
Sikap mendarat pada lompat jauh, baik gaya
jongkok, gaya menggantung, maupun gaya
berjalan di udara adalah sama. Pada waktu
akan mendarat kedua kaki dibawah ke depan
lurus dengan jalan mengangkat paha ke atas,
badan dibungkukkan ke depan, kedua tangan
ke depan. Kemudian mendarat pada kedua tumit
terlebih dahulu dan mengeper, dengan
kedua lutut dibengkokkan (ditekuk), berat
badan ke depan supaya tidak jatuh ke belakang,
kepala ditundukkan, kedua tangan ke depan.
Sumber : Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan : buku guru / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan -- . Edisi Revisi Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Perhatikan Video animasi dalam Chanel You Tube dibawah ini
0 komentar:
Posting Komentar